Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Berkepanjangan

Advertisement

Cara menghilangkan bau mulut dan penyebabnya. Bau mulut adalah salah satu permasalahan gigi dan mulut yang begitu mengganggu. Hal ini dikarenakan, bau mulut bisa menyebabkan seseorang merasa minder atau tidak percaya diri saat bertemu apalagi mengobrol dengan orang lain. Percuma saja dengan tampilan yang rapi, akan tetapi saat kita berbicara dengan orang lain mereka menutup hidung lalu memalingkan wajah tentu hal ini membuat kita merasa malu dan tidak percaya diri.

Apa Sih Penyebab Bau Mulut?

Permasalahan bau mulut sebenarnya dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti berikut ini:

1. Faktor Alkohol dan Merokok

Biasanya seseorang yang gemar mengonsumsi alkohol dan merokok bisa memicu penurunan produksi pada air liur. Padahal sebenarnya, air liur ini berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri di area sekitar mulut. Sehingga terjadilah kondisi bau mulut ini.

2. Faktor Makanan

Faktor makanan tertentu yang memiliki aroma atau bau yang tajam bisa menyebabkan terjadinya bau tak sedap pada mulut. Adapun beberapa makanan tersebut di antaranya bawang putih dan durian. Selain itu, dengan melewatkan sarapan di pagi hari pula bisa menimbulkan bau yang tidak sedap di mulut Anda.

3. Kondisi Hati dan Ginjal Tidak Sehat

Saat ginjal dan hati tidak sehat atau mengalami gangguan, biasanya jumlah bakteri di mulut menjadi meningkat. Dengan demikian bisa menimbulkan masalah bau mulut ini. Untuk itu, Anda perlu waspada saat masalah bau mulut yang dialami tak juga sembuh, karena bisa saja disebabkan adanya masalah di kedua organ tubuh ini.

4. Gangguan di Mulut

Faktor penyebab terjadinya bau mulut bisa juga diakibatkan oleh adanya gangguan di mulut seperti gusi berdarah dan sariawan yang bisa menyebabkan bau yang tak sedap pada mulut. Selain itu, terjadinya infeksi di saluran tenggorokan pun bisa memicu tercampurnya lendir dengan kuman atau bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Batu Mulut yang Tak Sedap?

Cara menghilangkan bau mulut sendiri sebenarnya bisa disiasati dengan membersihkan area lidah secara merata, karena bisa membantu mengatasi bakteri atau kuman yang memproduksi senyawa VSC dengan sifat mudah menguap. Hal inilah yang dapat menghilangkan kondisi bau mulut yang tidak sedap. Anda bisa membersihkan lidah dengan cara menyikatnya memakai penyikat khusus untuk lidah. Adapun caranya adalah dengan menyikat lidah di arah belakang terlebih dulu lalu ke arah depan. Ingat, jangan menyikat lidah memakai sikat gigi sebab bisa memindahkan bakteri ke arah lainnya di area mulut Anda.

Selain menyikat lidah, pastikan menyikat gigi secara rutin dan teratur 2 kali dalam sehari. Menyikat gigi secara teratur ini bisa membantu gigi dan seluruh area mulut untuk mengeluarkan semua sisa-sisa dari makanan serta mikroorganisme penyebab timbulnya senyawa VSC. Anda bisa memakai dental floss selain memakai sikat gigi agar mampu membersihkan bagian sela-sela pada gigi Anda. Seperti kita ketahui, infeksi yang ada di area mulut dan gigi bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Untuk itu, penting sekali memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi secara rutin.

Selain itu, biasanya penyebab terjadinya bau mulut adalah keadaan mulut yang kering. Hal ini dikarenakan saat mulut sedang kering, maka akan menghasilkan sel-sel mati di area gusi dan lidah. Dengan tak adanya produksi air liur untuk membersihkan bakteri, maka bakteri tersebut mulai memakan semua sel-sel mati dan selanjutnya berkembang biak. Pada kondisi inilah maka akan tercipta sebuah molekul yang bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Anda bisa memakai obat kumur sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.

Advertisement
  1. author

    nila2 years ago

    Dok saya sudah rutin sikat gigi dan membersihkan karang gigi tpi msh ttp bau mlut, bahkan saya sampai cek ke dokter halitosis dia blang saya engga ada halitosis tapi saya masih mrsakan bau mlut, apakah ada solusi lain namun lidah saya suka terasa kering

    Reply

Tulis komentar "Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Berkepanjangan"