Sering sekali sariawan, adakah hubungannya dengan AIDS

Advertisement
Dok, saya sering sekali menderita sariawan, hampir setengah tahun ini tiap minggu pasti muncul sariawan. Apakah saya terlalu sering berhubungan sex ataukah memang ada penyakit alergi lainnya? Saya pernah baca artikel tentang sariawan dan ada artikel yang menjurus tentang AIDS. Apakah itu benar? Tolong, solusinya bagaimana? Dan obat apa yang harus saya konsumsi  biar cepet sembuh sariawan ini. Terimakasih banyak. Tuhan memberkati. (Laki-laki, 23 thn, 168 cm, 60 kg)

Jawaban:

Bapak / Saudara yang terhormat,

Penyebab sariawan yang dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis aphtosa rekuren hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa yang diketahui sebagai faktor pemicu. Diantaranya adalah kondisi psikologis seperti stress, sistem imun/kekebalan tubuh yang menurun, defisiensi atau kekurangan zat gizi tertentu seperti zat besi, atau trauma lokal contohnya bagian dalam pipi yang sering tergigit.

Mengenai hubungan AIDS dan sariawan, tanda-tanda penyakit ini memang bermanifestasi juga di rongga mulut. Bahkan, dokter gigi seringkali merupakan orang yang pertama kali mendeteksi HIV karena adanya manifestasi di rongga mulut, bahkan sebelum pasien menyadari bahwa ia HIV positif. Penyebabnya adalah HIV menyerang sel-sel kekebalan tubuh. Rongga mulut dihuni oleh berjuta mikroorganisme, bisa berupa bakteri ataupun jamur. Karena sistem kekebalan tubuh menurun, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur patogen dan menyerang jaringan mulut.

Jadi di rongga mulut penderita HIV positif atau AIDS lazim ditemukan candidiasis (infeksi jamur candida), leukoplakia, infeksi pada gusi dan jaringan pendukung gigi, hingga kanker ganas pada stadium lanjut. Pada tahap awal, kondisi tersebut dapat dikira sebagai sariawan oleh orang awam, karena tampilannya memang menyerupai sariawan.

Supaya bisa lebih yakin dan pasti, saya menyarankan Sdr berkonsultasi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg Sp.PM) yang berpraktek di rumah sakit, agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan dapat diketahui apa penyebab sariawan yang Sdr derita. Namun saya ingatkan bahwa Sdr sebaiknya mengungkapkan secara jelas riwayat penyakit Sdr pada dokter yang merawat Sdr. Bila Sdr. berhubungan seks secara bebas dan tidak aman, ada baiknya Sdr. memeriksakan diri, makin dini makin baik. Semoga penjelasan saya membantu Sdr.

Terima kasih.

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement
  1. author

    bayu4 years ago

    Dok. Saya mempunyai be2rapa gigi berlubang.. Gigi bawah ada 2 gigi dan gigi atas ada dua. Dan juga gigi graham atas yang paling belakang baru-baru ini sudah 3bulan agak sedikt keropos. Pertanyaannya.
    1.Untuk gigi yang sudah habis 4 gigi itu apa dicabut saja karena rata dengan gusi dan seandainya saya diamkan saja, setiap makan pasti menyarang di lubang gigi itu tapi sudah tidak terasa sakit? Namun saya mencoba cari informasi di internet, apa betul akan berdampak pada jantung dengan gigi berlubang itu?
    2.Untuk gigi atas yang dedikit keropos paling belakan kanan-kiri, apa harus ditambal saja? Namun baru satu hari ini sakit yang sangat menyakitkan dikedua gigi itu, apa yang harus saya lakukan,karena sudah be2rapa obat dari klinik apotek saya sudah coba, masih saja sangat sakit tidak kunjung reda.

    Reply
  2. author

    meiske3 years ago

    Dokter sy mau tanya, sy sering sekali sariawan hampir seminggu sekali , sy sdh melakukan tes hiv, lupus, spilis, herves, tes jamur & bakteri yg diambil di tenggorokan, gastrocopy, tp hsl nya negatif…sdh sy perhatikan sariawan ini muncul menjelang haid dan sesudah…tp stelah sy konsultasi dgn dokter kandungan kt’y tdk ada hubungan nya dgn hormonal…trus penyakit sy ini apa yaa dok, mau tambal gigi aja ga bs di karenakan sy sariawan hampir tiap hari…tes apa yg hrs sy lakukan lg yaa dok ? terimakasih

    Reply

Tulis komentar "Sering sekali sariawan, adakah hubungannya dengan AIDS"