Sendi rahang sakit, haruskah menggunakan kawat gigi

Advertisement
Dokter, waktu saya buka dan tutup mulut terasa sakit. Menurut drg spc ort, itu adalah tmj, trus saya disarankan menggunakan kawat gigi atau karena saya tidak mau, maka akan dicoba dulu dengan pemasangan plat untuk membantu dudukan gigi supaya antara gigi atas dan bawah ada tahanan. Menurut dokter, susunan gigi bawah saya tidak beraturan, dalam arti kata banyak gigi yang dalam posisi miring/tidur. Yang mau saya tanyakan adalah perlukah saya menggunakan kawat gigi? Apakah dgn kawat gigi, masalah tmj dpt diatasi? Apakah saya mengunjungi dokter specialis yang tepat dengan kondisi saya? (Perempuan, 32 thn, 158 cm, 55 kg)

Jawaban:

Ibu / Saudari yang terhormat,

Dari keterangan yang Ibu berikan, saya sarankan Anda berkonsultasi ke drg spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) untuk mendapatkan second opinion. Bisa jadi memang ada masalah pada sendi rahang (TMJ) Anda yang diakibatkan oleh susunan gigi yang tidak rapih sehingga Anda membutuhkan perawatan ortho untuk mengembalikan gigi Anda ke posisi normal.

Pada orang yang susunan giginya tidak rapih, tanpa disadari orang tersebut biasanya akan mencari posisi gigitan yang enak menyesuaikan dengan posisi giginya dan kondisi tersebut lama kelamaan akan memimbulkan masalah pada TMJ.  Dengan demikian masalah TMJ bisa hilang setelah posisi gigi normal di dalam lengkung rahang. Namun masalah TMJ tidak hanya disebabkan karena susunan gigi seperti yang saya jelaskan di atas. Bisa juga disebabkan karena faktor lain contohnya kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur malam (bruxism). Oleh karena itu saya menyarankan Anda untuk konsultasi ke drg spesialis Prostho yang juga menguasai tentang TMJ. Demikian saran saya, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement

Tulis komentar "Sendi rahang sakit, haruskah menggunakan kawat gigi"