Pegal, mual, dan pusing setelah gigi dicabut

Advertisement
Dear drg, saya mau bertanya. Tadinya gigi saya ini berjejal di bagian bawah, sehingga saya pernah dilakukan perawatan orto. Kemudian gigi saya tersebut ada yang dicabut satu, tepatnya gigi seri ke 2 disebelah kiri. Akibat yang saya rasakan setelah pencabutan adalah saya merasa pegal-pegal di bahu kiri, mual, pusing dan leher saya tegang sekali. Selain itu, kalau mengunyah juga sering bunyi. Gigi seri saya ada yang terkikis sehingga tingginya sudah tidak rata lagi. Apakah yang harus saya lakukan Dok? Terima kasih. (Perempuan, 22 thn, 162 cm, 45 kg)

Jawaban

Ibu / Saudari yang terhormat,

Keluhan yang Anda rasakan setelah pencabutan bukanlah sesuatu yang tidak umum terjadi. Biasanya penyebabnya adalah kesalahan posisi (kepala dan leher) saat pencabutan, atau karena pasien tegang dan cemas pada saat pencabutan. Tapi pada umumnya bukan diakibatkan karena kesalahan dalam prosedur pembiusan/anestesi.

Keluhan itu lazimnya akan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari hingga sekitar satu minggu, namun akan cepat hilang bila dibantu dengan konsumsi obat-obatan untuk mengobati spasme otot, tentunya dengan resep dokter. Jadi saran saya, segera kunjungi dokter Anda bila keluhan berlanjut. Mengenai gigi seri yang terkikis dan bunyi saat pengunyahan, biasanya terjadi pada orang dengan kelainan pada sendi rahang atau pada penderita bruxism (kebiasaan mengerat gigi terutama pada saat tidur malam dan di bawah kesadaran). Konsultasikan keadaan ini pada dokter gigi spesialis prosthodonti (Sp.Pros). Demikian saran saya.

Terima kasih

Drg. Martha Mozartha

Advertisement

Tulis komentar "Pegal, mual, dan pusing setelah gigi dicabut"