Nyeri dan ngilu setelah menambal gigi

Advertisement
Dok, saya baru tambal gigi dengan tambalan yang putih dan disinar, tapi kenapa malah kok nyeri dan ngilu padahal sdh 2bln. Kata dokter gigi tidak apa-apa, tidak ada masalah. Sebetulnya mana yang lebih bagus, tambalan amalgam atau yg putih ini? Apabila saya ingin konsultasi, apakah ada saran ke dokter gigi yang mana? Terima kasih. (Laki-laki, 28 thn, 170 cm, 90 kg)

Jawaban:

Bapak/Saudara yang terhormat,

Tambalan sewarna gigi yang disinar itu adalah Resin Komposit. Penggunaan bahan tambal ini sangat baik dari segi estetis, dan seiring dengan perkembangan teknologi bahan-bahan yg beredar di pasaran sudah memiliki kekuatan yg baik sehingga mampu menahan tekanan kunyah, meski tambalan amalgam masih unggul dlm hal kekuatan & ketahanan jangka panjang. Namun keberhasilan bahan ini sangat bergantung pada beberapa faktor, terutama keterampilan operator. Mengenai nyeri pada gigi Anda, ada beberapa kemungkinan penyebab:

  • Lubang pada gigi sebetulnya sudah terlalu dalam. Bagaimana keluhan gigi sebelum ditambal, apakah pernah sakit spontan? Bila lubang sudah mencapai dentin dan mendekati rongga pulpa, seharusnya diberi pelapis utk pelindung pulpa sebelum ditambal dengan resin komposit. Bila tidak, memang ada kemungkinan gigi menjadi ngilu. Apalagi kalau pengerasan bahan tambal di dasar tambalan tidak sempurna.
  • Kekurangan dari resin komposit adalah bahan ini sedikit menyusut saat mengeras. Pengerasan masih berlangsung selama +/- 24 jam setelah penyinaran. Pada beberapa orang penyusutan ini dapat menimbulkan rasa ngilu/tidak nyaman tapi biasanya hanya berlangsung 1-2 hari.
  • Kesalahan pada tahap-tahap penambalan. Penambalan dengan resin komposit harus didahului dengan beberapa tahapan, yaitu pengolesan permukaan email dengan asam lalu diikuti dengan bahan adhesive lalu baru resin kompositnya.

Kesalahan dalam salah satu tahapan ini berpotensi untuk menimbulkan ngilu . Perlu dipertanyakan, apakah ngilu timbul segera setelah penambalan, ataukah terasa baru-baru ini (setelah ditambal 2 bulan yang lalu)? Bagaimana rasa ngilunya, apakah kalau terkena rangsang makanan/minuman manis/dingin? ataukah terasa spontan berdenyut? Tambalan resin komposit yang tidak adekuat dapat mengalami kebocoran sehingga terjadi karies sekunder (karies di bawah tambalan), namun proses karies ini memakan waktu cukup lama, biasanya usia tambalan sudah lebih dari 6 bulan. Bila perlu, pemeriksaan radiograf (rontgen) dapat dilakukan untuk menunjang diagnosa. Demikian penjelasan saya, bila ada yang masih ingin ditanyakan saya dengan senang hati akan menjawab.

Terima Kasih

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement
  1. author

    Christy4 years ago

    Dear Drg. Nia

    Saya pernah berkunjung ke drg di kota saya. Pada saat itu saya pergi memeriksakan gusi saya yang seringkali sakit karena menyangkutnya sisa makanan seperti daging/sayur. Tetapi ketika diperiksa si drg menyatakan hal lain dan langsung mengebor gigi saya tanpa konfirmasi. Dan yang dibor adalah 6 biji. Ia berkata semua gigi saya berlubang. Lalu ia menambal dengan temporer yang disertakan dengan obat. Ia berkata 2 minggu kemudian baru ditambal permanen. Saya sedikit kesal tetapi 2 minggu kemudian saya datang untuk ditambal permanen. Awalnya seluruhnya baik2 saja. Tetapi esoknya rasa ngilu.. Tiga hari kemudian saya datang dan drg tsb mengulang pengobatan, dan sebulan lagi tambal permanen. Lalu kejadian ini terulang lagi. Rasa sakit timbul lagi. Saya merasa bahwa gigi semakin sakit setelah ditambal.. Kemarin saya pergi dan ia mengusulkan mengulang langkah tsb lagi.. Saya konsultasi ke dokter lain dan drg lain tsb mengatakan drg tsb terkenal mahal dan materialistis.. Lalu apa yang harus saya lakukan dengan gigi ini? Sepertinya mulai iritasi

    Reply
  2. author

    vita3 years ago

    Dok dua minggu yg lalu saya k dokter gigi krna gigi saya berlubang.. trus gigi saya di tambal sementara dan seminggu kemudian saya di sruh datng lgi kemudian tambalan itu di bor dan di tempel lgi.. dan saya di suruh datang lgi minggu yg akan datang.. saya mau tanya dok.. kira2 itu tahapannya sampai berpa kali agar bsa di tambal permanen???

    Reply
  3. author

    Putri3 years ago

    Slmt pgi saya di tambal gigi dpan permanen serupa warna gigi. Tapi ko jadi sakit dan gusi agak bengkak . Emang sih sya d tambal di tukang gigi bukan di dokter gigi .tpi kata dia aman bahan nya sama dengan yg ada di dokter lain. Apakah tambalan permanen bisa di buka? Tlong jwb mksh

    Reply
  4. author

    Nibras2 years ago

    selamat siang dok.,
    saya mau tanya.. gigi saya sudah ditambal permanen, tpi setelah hari senin ditambal hri rabunya gigi saya sakit, seperti bengkak, jadi gigi grahamnya agak maju menyentuh gigi graham atas, dan kalau nyentuh gigi atas gigi bwah skitnya bgt dok, apa itu wajar, setelah tambal gigi permanen. mohon jawabannya dok, terimakasih.

    Reply
  5. author

    fuad2 years ago

    saya kisah nya sama dengan yang di atas doc
    gigi saya mengalami kropos kecil seperempat gigi
    hingga akhrx sya rapikan dan ditambal
    stelah di tambal
    ngilu jika sa.at makan
    walaupun makan nasi
    dan terasa kaget jika tambalan itu saya sentuh
    setelah 2bln ini
    tambalan permanen nya lepas sendri doc
    tp sgt sensitif

    saran doc kelanjutanya gmana ?? agar ta sensitif lg
    makasih .. umur 23 thn tinggi 170

    Reply
  6. author

    Natalia2 years ago

    selamat pagi dok.. sy mau tanya.. sy kan pernah menambal gigi susu sy (bgian dpan) dan waktu itu sy perawatan dan penambalan tidak hanya sekali tapi beberapa kali, karna waktu itu masih smp seingat saya dokter gigi mengatakan utk saraf gigi sy dimatikan.. nah sekarang sudah lebih dari 9tahun.. gigi tambal saya spontan terasa berdenyut tak henti.. sy harus bagaimana dok??? tolong solusi nya… mksh

    Reply
  7. author

    mellisa2 years ago

    Dok , hari ini saya baru tambal gigi depan saya ,,
    Tadi waktu penambalan gigi tidak linu ..
    Dan sesudah itu di rumah saya tidak makan atau minum selama 1 jam ..
    Tetapi gigi saya linu , cenat cenut gigi yang di tambal ini ..
    Dan di bagian gusi belakang dan depan sedikit membengkak ,,
    Itu harus di apakan dok ?

    Reply
  8. author

    untung2 years ago

    selamat siang dokter. gigi saya sudah dapat 2 hari ditambal sementara. lah rasa nyeri dan ngilunya kok sampe 2 hari gak kunjung sembuh sembuh ya dokter?. emangnya ada apa dengan penambalan gigi saya?…tolong penjelasanya ?
    sebelumnya terima kasih dokter.

    Reply
  9. author

    nomi2 years ago

    Dok, Gigi saya setelah ditambal Teresa sakit kalau mengunyah. Awal mengunyah belum terasa sakit tapi udah beberapa Kali mengunyah Terasa sakit luar biasa, tapi saya diam kan dan berhenti mengunyah sakit nya hilang. Apa yang saya harus lakukan dok, apakan ada obat penghilang ras sakit nya dok ?

    Reply
  10. author

    Faradhita wisiaswari2 years ago

    Dok, saya kan memakai behel, nah gigi saya terasa sakit lebih tepatnya diselah selah gigi saya terasa sakit, cuman rasa sakit itu ada disela gigi permanen dan gigi tambalan saya. Yg ingin saya tanyakan apa kah gigi tersebut memang dr gigi yg ditambal atau memang efek dr behel saya? Saya pke behel sudah 1tahun dan saya nampal juga sudah satu 1 tahun. Terimakasih dok

    Reply
  11. author

    maulanamalikibrahim2 years ago

    Assalamualikum, dok saya ingin bertanya 2 hari yg lalu saya menambal gigi geraham saya yang sebelah kanan,namun kenyataannya gigi saya masih terasa sakit sampai leher dan kuping, padahal gusi saya tidak ada yang bengkak, saya kalau terasa sakit langsung minum obat bintang toedjoe, tolong solusinya dok saya perlu sekali karna saya setiap tidur tidak pernah nyenyak selalu terbangun karna sakit gigi, terima kasih

    Reply
  12. author

    Dian sugestiningsih2 years ago

    Dok gigi saya habis ditambal permanen 3hari sakit trs habis itu bengkak di pipi sampe seminggu,sampe ke telinga kesumbat. saya pergi ke dokter katanya gigi tumbuh padahal saya ngerasa gak ada gigi yang tumbuh? Gimana itu dok solusinya bahaya enggak?

    Reply
  13. author

    Nurul2 years ago

    Permisi dok..
    Saya hari ini (14 Juni 2016) tadi siang baru saja menambal 2 gigi depan.. saat di bor gigi kanan aya linu dok.. setelah di tambal hingga saat ini masih linu dok. Yg kiri tidak ngilu. Itu bagaimana dok?

    Reply
  14. author

    Sulaiman2 years ago

    Selamat siang dok, tadi pagi saya ke dokter gigi untuk memriksakan gigi geraham saya yg berlubang. Si dokter bertanya apakah jika minum air dingin terasa sakit, saya jawab iya dan dokter tersebut langsung menambal gigi saya setelah sebelumnya hanya di beri cairan yg rasanya seperti cengkeh. Aman kah itu dok? Mengapa sampai beberapa jam saya masih merasakan sakit di gigi saya. Oh iya saat ini saya bekerja di saudi dan dokter yg tsb juga saudi

    Reply
  15. author

    anggie1 year ago

    Dok,gigi saya awalnya berlubah dan sudah dalam,lalu saya melakukan tambal gigi,awal nya tidak ada rasa sakit, tapi setelah 2 minggu gigi tambalan sya terasa denyut2 sampai 3 hari untuk mengatasi rasa sakitnya saya minum obat, sebenar nya gigi sya kenapa dok? Apa yg harus saya lakukan

    Reply
  16. author

    linah1 year ago

    pagi dok,
    Saya 2 mg yang lalu tambal gigi,,,,
    Sesudahnya biasa aja, trus hari berikutya malah gusinya bengkak dok,,,,,
    Begitu seterusnya,kadang sakit kadang ngga,,,
    Wkt berobat pertama kan masih sakit,q bilang jangan dicabut ya dok masih sakit,eh malah sama dokternya ditambal sementara terus suruh kesitu lg 1,2mg.An tp ga dikasih obat apapun
    Apa karena bolongnya terlalu dalam ya dok?

    Reply
  17. author

    Musarofah1 year ago

    Dok tambalan gigi saya setelah 2 bulan terasa sakit
    Emang sih kalo kena air saja terasa ngilu, pdahal penambalan gigi saya melalui tahapan 4-5 kali kunjungan
    Dulu pertama penambalan setelah beberapa hari terasa sakit dan akhirx dibongkar n dibersihkan lg, setelah itu g lgsung ditambal krna menunggu reaksi selanjutx. Dan setelahx gigi saya masih sesekali terasa sakit kemudian kontrol, dikasih obat untuk nyeri dan begitu seterusx sampek akhirx g sakit sama skali
    Kini setelah 2 bln lebih knp terasa sakit lg
    Kalo lagi sakit saya lgsung sikat gigi dan alhmdllah sakitx berkurang
    Saya sbg ibu rumah tangga ingin skali bebas dari sakit gigi ini
    Tlg bantuanx dok…??
    Trimakasih sebelumx

    Reply
  18. author

    manda1 year ago

    Dok, ini tadi saya baru saja dr dokter gigi. Gigi saya ditambal dengan tambalan berwarna putih, kata dokternya ini tambalan semi permanen, tpi kok sampek rmh malah rasanya sakit banget ya, ini kenapa ya..? Mohon infonya, trimakasih

    Reply
  19. author

    Jeiny anggawan1 year ago

    Dok. Saya berumur 20 th. Saya melakukan penambalan yang putih digigi depan karena belubang tahun 2013, sudah 3 tahun lebih ini tidak pernah ada masalah meskipun sering meminum minuman yang terlalu panas. Namun sekarang suka sakit dan membuat bengkak yang besar dan sakit digusi tepat dibawah hidung dan berisi nanah. Terima kasih Dok.

    Reply
  20. author

    Muhay12 months ago

    Saya ada keluhan nyeri dan sakit di tambalan gigi, tambaln gigi saya warnanya sama dngn warna gigi sudah hampir setahun setelah di tambal sekrang sakit dok sampai” di sentuh saja sakit banget, udah dua kali sakitnya yg kmrn sekitar dua 3 hari sakit sekarng datang lagi, gimna dok?
    Usia saya 20 thn

    Reply
  21. author

    sven11 months ago

    mantap2

    Reply
  22. author

    Obby11 months ago

    Dok, sekitar 2 minggu yang lalu saya ada kedokter gigi untuk memeriksakan gigi geraham bawah saya yg tiba2 sakit. Mmg sdh lama berlubang tp jarang kambuh sakitnya.sama dokter tsb disarankan untuk proses pnambalan dg alasan bla bla bla. Waktu proses pembersihan dan pnambalan sampai proses penyinaran tidak ada masalah. Setelah 2 hari sakit gigi saya kambuh lagi dg tiba2. Terkadang enak2 tidur terbangun karena tiba2 gigi terasa ngilu. Ini berlangsung sampai 2 mingguan sudah sampai hari ini.istri saya bilang suruh cabut saja nanti kalo sudah gak sakit. Saya minta saran dok. Apa saya mnunggu dulu seperti yg saya baca di situs ini sampai kurang lebih 6 mingguan? Atau dicabut nanti kalau sakitnya sudah reda seperti istri saya bilang? Saya laki2 berusia 36 tahun.

    Reply
  23. author

    Wirawan10 months ago

    Slmt siang dok..
    Sy maw nanya knp stiap mnum air dingin gigi trsa ngilu stlah dtambal sudah 1 bln??

    Reply
  24. author

    amalia9 months ago

    Dok..saya mau tanya 2 thn yg lalu saya tambal gigi bagian depan.. trus beberapa hari ini kok gigi tambalan saya rasanya ngilu dan kalo buat makan tambah sakit.. saya kasih obat jg ga hilang2 rasanya.. saya minta saran dok enaknya d bawa k dokter lg apa nunggu sampe sembuh ya dok?

    Reply
  25. author

    Ahmad kholis8 months ago

    Dear dokter nila
    Saya habis nembel gigi depAn habis di tembel belum ada 1hari udh ngilu tak terthankn.
    Dan sama dokter sruh ke dokter dan di buang tamblan lalu sementara di tmbel pke kapas .
    Tapi udh 4 hri tetep linu dan gigi sebelahny ikutan linu itu knp yah..

    Reply
  26. author

    Evie yana wijaya6 months ago

    Gigi sakit setelah penambalan jam 10pagi ditambal jam 2siang gigi msh skt atlh ditambal sudah minum obat pun masih sakit bagaimana ini dok…yg ditambal gigi graham bawah ujung

    Reply
  27. author

    Feni triyana6 months ago

    Dok.. saya mau nanya saya menambal gigi berlubang sudah 3 bulanan tapi ko masih ada rasa nyeri yg di tambel ya . Takutnya ada gejala yg lain dok . Terimakasih

    Reply
  28. author

    Sirajul yani5 months ago

    Malam dok..mau tanya, gigi saya bagian paling belakang berlubang, dan dah di tambal 2 kali yg biasa dan terakhir dg yg permanen, setelah sebulan..tiba2 awalnya gatal trus nyeri sedikit2, kadang muncul, hilang . Sampai skrng sakit..ketika priksa lg sya di kasih obat, tp myerinya gak hilang2 sampai gak bsa tdur, bahkan sampai badan ikut demam jga akibat sakit giginya, dan sya beli obat peredah nyeri, tp nyerinya gak hilang2 dan gigi tetap bengkak..gmn dok solusinya..apa obat yg bagus untuk meredahkan nyeri..trimakasih

    Reply
  29. author

    Dira5 months ago

    Dok, sya baru menambal gigi 4hari yg lalu tp setelah 3hari saya merasakan ngilu bahkan menyebabkan sya tidak bisa makan…

    Reply
  30. author

    dyah5 months ago

    Dear Dokter,

    Dok… sekitar 3 bulan yg lalu sy operasi geraham bungsu kanan. sudah 3 hari ini sy merasakan nyeri senat senut sampe ke kuping. sy beranikan ke dokter gigi, trus sy diminta tuk rontgen. ternyata gigi depan geraham bungsu sy itu ada kerusakan akibat bentrok dengan gigi geraham bungsu yang sudah diambil, dan sekarang gigi saya ini berlubang dalam. dokter yang menyarankan untuk di tambal sementara, nanti seminggu kemudian balik lagi tuk cabut gigi yang berlubang itu…. pertanyaannya sekarang, apa perlu sy cabut gigi lagi? nanti sy gak punya gigi geraham lagi dong. trus sekarang gigi sy masih terasa nyeri… tolong diberi pencerahan ya dok.

    Reply

Tulis komentar "Nyeri dan ngilu setelah menambal gigi"