Gigi patah dan posisi gigi berubah

Advertisement
Dokter, saya punya gigi bagian atas depan patah karena terjatuh beberapa tahun silam dan posisinya tidak pada tempatnya. Saya ingin mencabut gigi yang patah dan memakai gigi palsu sebagai gantinya. Namun posisi gigi saya berubah saya ingin posisinya rapi kembali pada tempatnya. Yang ingin saya tanyakan apakah mungkin gigi saya bisa rapi kembali sedangkan usia saya sudah 28 tahun? Dan apabila saya memakai braces apa masih mungkin? Btw, beberapa gigi saya juga bolong dan saya ingin menambalnya, saya ucapkan banyak terima kasih. (Laki-laki, 28 thn, 175 cm, 80 kg)

Jawaban:

Bapak / Saudara yang terhormat,

Gigi Anda yang patah mungkin harus dilihat dulu kondisinya baru bisa diputuskan apakah gigi tersebut memang harus dicabut atau tidak. Kalau memang masih memungkinkan, saya sarankan gigi tersebut dirawat saja. Perawatannya tergantung pada kondisi gigi itu saat ini, apakah masih vital atau tidak. Kalau patah gigi hanya 1/3 bawah, kemungkinan besar gigi tersebut masih vital dan bisa ditambal dengan resin komposit (tambalan sinar) yang sewarna gigi.

Kalau gigi patah hingga bagian tengah, dan sudah berubah warna (gelap kehitaman) atau dulu pernah sakit berdenyut spontan, besar kemungkinan gigi tersebut sudah mati jadi harus dirawat saluran akar dulu baru ditambal atau dibuatkan mahkota tiruan. Perawatan orthodontik tidak jadi masalah, asalkan gigi geligi terutama gigi geraham masih dalam kondisi baik. Pasien berusia 50 tahun pun masih bisa dirawat ortho, asal gigi, jaringan periodontal, dan tulangnya masih dalam keadaan baik.

Sebelum dirawat ortho, gigi-gigi yang lubang sebaiknya diperbaiki dulu, dan karang gigi dibersihkan. Demikian penjelasan saya.

Terima kasih.

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement
  1. author

    mufti4 years ago

    dokter gigi depan atas saya pernah jatuh waktu sd dan patah,baru waktu kuliah terasa sakit dan infeksi gusi,setelah perawatan akar sampai sekarang(27 thun) sudah tak sakit,meski tak sekokoh gigi lainnya tapi masih kuat jadi dokter menyarankan dipertahankan saja, tapi warnanya kuning kecoklatan karena mati. saya baru dengar ada mengatasi gigi warna jelek selain crowning,yaitu veneer.. tanpa memotong mahkota gigi,tapi melapisinya,dan biayanya juga tak semahal crowning katanya.apakah di rs negeri sudah mendapat himbauan dri pemerintah untuk menerapkannya?

    Reply
  2. author

    mama3 years ago

    Kira kira harga nya berapa dok

    Reply
  3. author

    Agung3 years ago

    Dokter, saya dulu pernah kecelakaan dan gigi depan saya patah 2, gak parah sih cuma setengahnya ke bawah yang hilang, kondisi masih putih, gimana cara mengatasinya dok? Terimakasih

    Reply

Tulis komentar "Gigi patah dan posisi gigi berubah"