Gigi keropos dan patah hingga habis, haruskah dicabut atau ditambal

Advertisement
Dok, gigi geraham saya berlubang. Bagian atas giginya sudah habis keropos hingga tinggal bagian bawahnya saja. Sekarang keroposnya malah melubang ke arah akar gigi dan akar giginya terlihat, sehingga saat kena makanan gigi saya terasa nyeri. Yang ingin saya tanyakan, gigi saya harus diapakan Dok? Apakah harus dicabut atau di tambal? Mohon sarannya Dokter. Terima kasih. (Perempuan, 22 thn, 153 cm, 44 kg)

Jawaban:

Ibu / Saudari yang terhormat,

Kalau karies menyebabkan gigi patah sedikit demi sedikit hingga tinggal sisa akar, rasanya sulit dipertahankan. Sebetulnya pencabutan adalah perawatan yang paling terakhir dipilih jika sudah tidak ada lagi langkah yang dapat ditempuh dokter gigi untuk mempertahankan gigi Anda.

Saya curiga gigi tersebut sudah mati syarafnya, jadi rasa sakit kemungkinan besar karena gusi di daerah gigi tersebut yang meradang. Atau memang ada infeksi  pada gigi tersebut  yang kembali ke keadaan akut.

Sebaiknya segera datangi dokter gigi Anda, yang akan memutuskan melalui pemeriksaan visual dan radiograf (jika perlu) apakah gigi tersebut harus dicabut atau tidak. Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement
  1. author

    indra kurniawan5 years ago

    Dok, gigi depan atas saya patah sepertiga. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa ditambal atau disambung lagi. Dan apakah kuat saat mengunyah atau menggigit makanan,
    Dan apabila bisa, tolong berikan estimasi brp lama perbaikannya dan brp biayanya?
    Oiya, untuk alamatnya di wilayah kota semarang, jawa tengah dimana yah?
    Terima kasih
    Laki-laki, 22 tahun, 170cm, 63kg

    Reply
    • author

      dila2 years ago

      saya jg seperti itu, patah sepertiga, saya pergi ke dokter dan alhamdulillah masih bisa di pakaikan gigi sarung, dan gak dicabut, sudah sekitar 4tahun lebih saya pakai gigi sarung dan alhamdulillah masih bagus tanpa pernah konsul lagi ke dokter, untuk lebih jelas nya apa itu gigi sarung, silahkan googling. semoga membantu:)

      Reply
      • author

        Bilqis1 year ago

        Berapa kira² biaya nya ya?. Gigi sy yg depan bagian atas berlubang trs dia patah scra vertikal, patahnya kira2 3 inchi. Mau ke dokter tp takut mahal..

        Reply
      • author

        Suri1 year ago

        Saya suri, apakah sarung gigi yang sudah dipasang bisa dibuka lagi, krn tidak srrsgsm warnanya.

        Reply
  2. author

    tutik rosidah2 years ago

    Dok, gigi mertua saya sudah banyak yang keropos.. sehingga beliau sering mengeluh pusing kepala.. apa iyaa dok gigi keropoa bosa bikin pusing kepala? Dan bagaimana solusinya yaa dok?

    Reply
  3. author

    adinda2 years ago

    Dokter, gigi saya berlubang sampai habis, lalu tumbuh daging di gusi bagian luar. Dan ketika sakit. Telinga saya juga ikutan nyeri. Apakah ia berdampak sangat buruk kalau di cabut.??
    Mohon jawabannya. Trimakasih

    Reply
  4. author

    faisal reza2 years ago

    assalamu’alaikum, dok mau tanya apakah gigi saya yang hanya tinggal akarnya saja tanpa mahkota diatasnya haruskah dicabut ataukah mesti perawatan

    Reply
  5. author

    ade2 years ago

    Dok, gigi geragam saya patah diantara sela-sela satu dgn yg lainnya, sehingga klo mkn sering terselip makanan, dikorek pake tusuk gigi makin besar rongga nya, apakah geraham saya masih bisa ditambal??

    Reply
  6. author

    Ponco2 years ago

    Dok, kalau gigi geraham saya bolong besar, sebelumnya sudah pernah di tambal, tapi sekarang sudah bolong lagi, nah sekarang yg saya alami, gigi saya seperti sumur dng dinding gigi yg tipis, dinding gigi yg tipis itu sudah hilang jadi sisa dinding gigi yg agak tebal, nah disitu ada retakan, jadi terbelah menjadi 2 bagian, yg satu kecil yg satu besar, yg kecil sudah goyang memungkinkan saya untuk mencabut secara manual, nah sekarang bagaimana dok tindakan sigap yg harus saya lakukan? Mohon bantuannya, terima kasih banyak sebelumnya
    Laki-laki, 20th, 171 cm, 65 kg

    Reply
    • author

      Syilvia agustina12 months ago

      Dok, gigi saya sudah berlubang dok. Yang bawah sebelah kiri dan kanan. Tetapi masih ada dinding giginya dok. Tapi lubangnya sudah terlalu dalam dok sehingga jika tersenggol oleh makanan lain terasa sakit banget. Itu sebaiknya gimana ya dok? Apakah dicabut atau ditambal dok? Dan jika ditambal apakah ada pengobatan akar gigi dok?

      Reply
  7. author

    gung jaya2 years ago

    Dok gigi saya patah di bagian depan,bagaimana caranya gigi saya tanpa harus dicabut,saya sempat ronsen gigi,ternyata gigi saya utuh dan tidak afa syaraf yang mati,bagaimana caranya dok?

    Reply
  8. author

    mesti2 years ago

    Dok gigi dpan sya patah setengah..awal nya hitam dn mlai path”… Pa msh bisa ditmbal tw cabut. Dn tlg rincikan brapa lma penyembuha. Dn biaya nya ya dok. Sya cwe umur 22

    Reply
  9. author

    Ganang Ramadhan2 years ago

    Dok gigi geraham saya keropos dan patah hingga habis, hanya tersisa akar giginya.. Jika saya cabut apakah masih bsa tumbuh? Umur saya 18 tahun… Gigi bungsu saya baru tumbuh

    Reply
  10. author

    Hosting1 year ago

    Gigi dpn ku yg 1 patah separo karna jatuh.jnd malunya mintaampun.mau ktawa aja ga bisa gmg mulutnya d tutup ??????.klo gigi yg patah d biarin ga efek apa kan??? Soalnya ga ada dana buat ganti gigi.????????

    Reply
  11. author

    Yuni1 year ago

    Dok 2 Gigi Depan Saya Berlubang hampir Separo, Saya Ke Dokter Gigi Katanya Harus Di Cabut, Sedangkan gigi saya masih kuat tapi sering sakit dan bernanah, dokter itu hanya melihat saja dan tidak ada pemeriksaan, saya sangat khawatir akan bahayanya Dok, Bagaimana menurut dokter, masih bisa di tambal atau memang perlu di cabut, Trimaksh Dokter
    saya 22 tahun berat 45 tinggi 154

    Reply
  12. author

    Haris Muhari11 months ago

    Permisi dokter, saya mau nanya. gigi saya yang geraham itu goyang dan telah hancur separuh. sudah ± 1 tahun saya pertahankan baru kali ini saya mengalami sakit yang luar biasa, dan saya langsung membeli obat di apotek dan obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit.
    yang saya pertanyakan bisakah gigi ini saya pertahankan atau harus di cabut karena sudah goyang sedikit, dan bila di ajak mengunyah sakit.
    tolong berikan solusinya ya dok, terima kasih…

    Reply
  13. author

    Mutya10 months ago

    Dok mau nanya, kalau gigi tinggal separuh harus ditambal apa dicabut ya dok? Tapi kalau harus dicabut saya takut dok😂 tolong sarannya ya dok (usia 20th)

    Reply
  14. author

    Sabrina Fissyari9 months ago

    Permisi dok, saya mau tanya gimana solusinya untuk gigi geraham bawah saya dua2nya kanan dan kiri sudah lubang dan giginya sudah ada yang patah yg sebelah kiri juga sudah hilang trus kayak ada benjolan kecil terkadang kempes lalu tumbuh lagi dulu pernah di suruh minum amoxilin dan asam mefenamat, setelah obat habis memang hilang, tp beberapa hari tumbuh lagi. Apakah ini perlu operasi atau tidak dok?

    Reply
  15. author

    Khoiriyah8 months ago

    Dok gigi graham atas saya kropos hingga seperti gigi ompong tapi copotnya itu tidak sampe ke akar, nah itu sebaiknya harus ditambal atau di copot saja sampe akar. Setelah itu saya pakai behel untuk menarik gigi belakang ke depan?

    Reply
  16. author

    Siti8 months ago

    Gigi keropos dan patah habis di bagian atas samping , haruskah dicabut atau ditambal, apakah ada solusi lain selain di

    Reply
    • author

      Siti8 months ago

      Gigi keropos dan patah habis di bagian atas samping, haruskah dicabut atau ditambal, apakah ada solusi lain selain di cabut?…dan kira2 biayanya berapa?… Mohon Jawabannya segera…

      Reply

Tulis komentar "Gigi keropos dan patah hingga habis, haruskah dicabut atau ditambal"