Gigi geraham sering bengkak dan bau mulut

Advertisement
Dok, saya mau tanya, gusi saya daerah gigi geraham itu kok sering sekali bengkak ya,dan bau mulut pun kurang sedap padahal saya rajin bersikat gigi setiap hari. Apakah saya kurang vitamin atau gimana dok? Terima kasih atas perhatiannya. (Perempuan, 27 thn, 156 cm, 63 kg)

Jawaban:

Sdri yang terhormat,

Gusi yang bengkak dapat dipicu oleh banyak faktor. Biasanya itu adalah tanda peradangan, yang terutama disebabkan karena kebersihan gigi kurang terjaga jadi banyak akumulasi plak sehingga menyebabkan gusi meradang. Apabila memang demikian, biasanya disertai gusi mudah berdarah saat terkena sentuhan ringan misalnya saat menyikat gigi.

Selain itu gusi juga bisa bengkak karena gigi mengalami karies yang infeksinya sudah mencapai daerah ujung akar, sehingga menjalar ke jaringan lunak seperti gusi.

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan gusi bengkak, namun biasanya menyeluruh dan tidak terlokalisir hanya di daerah geraham saja.

Mengenai radang gusi dan bau mulut sudah cukup sering dibahas, baik di rubrik konsultasi maupun tips kesehatan, Anda dapat membaca selengkapnya di artikel tersebut. Saya juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara langsung dan menyeluruh. Sementara itu tingkatkan kebersihan gigi dan mulut Anda, gunakan pasta gigi berfluoride dan jangan lupa sikat juga lidah Anda saat sedang menyikat gigi.

Demikian penjelasan saya, terima kasih telah menggunakan layanan klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

Advertisement
  1. author

    mega5 years ago

    Siang dok,♍ǻƱ tanya….. Kalo ibu menyusui apakah tidak masalah mencabut gigi geraham yg bolong? Terimakasih 26th

    Reply
  2. author

    gamelya alkatiri4 years ago

    sy gamelya, umur 28 thn, baru baru ini sy melakukan pencabutan gigi bungsu yg tumbuhx miring di slh satu dokter gigi di kota kupang, tp setelah 3 hr msh terasa sakit dan bengkak, sy periksa di cermin ternyata msh ada sisa kapas yg berlumur obat di lubang bekas cabut, setelah pencabutan, dokter ybs tidak menyarankan cara perawatan dan tdk menjadwalkan untuk kontrol, bagaimana perawatan yg benar untuk kasus yg sy alami, mohon jawaban dr dokter

    Reply
  3. author

    gamelya alkatiri4 years ago

    dokter yg terhormat, beberapa waktu yg lalu seorang dokter gigi menyarankan sy untuk operasi gigi bungsu yg tumbuh tdk normal (miring ke depan) tp ada dokter gigi lain yang menawarkan pencabutan tanpa operasi dan sy terima, apa resiko pencabutan yg sy lakukan dok? dan bagaimana langkah perawatan selanjutnya? terima kasih…

    Reply
  4. author

    astrid4 years ago

    Malam dok,
    dari kemaren bagian paling belakang gusi kiri bawah saya terasa tidak nyaman, lalu tiba2 saat bangun tidur bagian tersebut bengkak, diikuti nyeri saat menguyah dan nyeri kepala
    lalu tiba2 sorenya gusi saya mengeluarkan nanah dan darah
    nyerinya berkurang setelah minum paracetamol namun ttp tidak bisa mengunyah dok
    setahun lalu saya pernah rontgen gigi, dan katanya gigi bungsu saya ada dalam gusi dan tidak bisa keluar
    apakah ini ada hubungannya dengan gejala yg saya alami skrg dok? Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya dok
    terimakasih dokter

    Reply
  5. author

    pitria4 years ago

    Malem dok,aku mau tanya,aku kan sakit gigi terus gigi ku berlubang,lama kelamaan gigi nya copot terus bengkak bengaak nya sampai kerahang dan sakit sekali tolng beri solusi ny dok terimakasih

    Reply
  6. author

    amas4 years ago

    pagi dok…..saya amas,saya mau naya nie dok….umur saya 27 thn..sekrng saya mengalami sakit di bagian geraham belakang sudah 6 hari sakity dok bengkak…..saya sudah mkn obt untuk meredKN NYERIY…..setiap hari saya mengecek ggi saya dengan mengunakan lampe senter kecil setelh hari yg ke 3 perasaan ada celah dan terlihat seperti gigi yg mau tumbuh…memeng geraham belakang saya sudh tumbuh tapi masih setengah gt dok……ketika saya baca2 di website seprtinya gigi bungsu saya belum tumbuh sempurna…..memang saya blm sempat memeriksakany krna terhalang kerja dan saya kurang yakin dokter disni dok soaly saya berada di arab saudi…..pertanyaan saya dok
    1. berapa lama proses tumbuhy gigi geraham belakang saya dok??krna sekrng sudah keliatan seperti mau muncul
    2. apakah setelah saya periksakan nanati jawaban dr dokter yg dsni bermasalah gigi bungsu saya bisakah sebelom tumbuh sempurna di cabut tpi masih dalam keadaan sakit krna bengkak dok
    3..apakah saya biarkan dulu sampe gigiy tumbuh dan bisa terlihat dengan sempurna baru boleh dilakukan pencabutan dok?
    4 kira2 berapa lama waktu tumbuhy gigi bungsu klu saya biarkan sampe tumbuh dok
    sekian pertanyaan dr saya dok…terima kasih sebelumnya….mohon di jelaskan supaya saya bisa mengambil langkah yg tepat……….

    Reply
  7. author

    fransisca3 years ago

    Slmt siang, gusi saya seperti kesetrum atau kena silet jika makan atau sikat gigi… Sudah saya bawa ke 3 drg, semuanya menyarankan akan membongkar tambalan lama (tdk ada mslh dgn gigi) dan salah satunya memberi saya obat Carbamazepine 200.. untuk 3 hari pertama mmg hilang rasa kesetrum/nyeri itu, ttp hr ke 4 ktk dosis dobel badan saya spt mabok, ngantuk, nanar, jd hanya bisa tiduran saja.. obat saya hentikan untuk 2 hari lalu kmd saya minum lagi krn gusi saya trs nyeri lg dan obat sudah tidak ngefek… Saya frustasi dgn kondisi saya.. Mohon saran dan pencerahan dokter. Terimakasih.

    Reply
  8. author

    Anna3 years ago

    siang dok, mau tanya gigi geraham saya pernah di cabut tatapi cabut sendiri dan itu menyisakan akar. kalo saya ingin pake gigi geraham palsu yg baik itu seperti apa dan kira2 harga nya berapa ya dok untuk per 1 gigi nya?? mohon solusi nya dok. terimakasih

    Reply
  9. author

    anissa3 years ago

    Malam dok, aku mau nanya gimana ya cara menghilangkan bau mulut, aku rajin sikat gigi, terus banyak minum air putih dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah juga. Tapi kenapa ya dok semuanya nihil mulut aku mudah sekali bau. Apa penyebabnya ya dok? Terimakasih.

    Reply
    • author

      aceng atmaja8 months ago

      Sore dok…gigi geraham saya kiri n kanan udah goyang parah banget n timbul bau mulut yg kurang sedap
      sebelah gigi geraham kananan kiri udah ompong…apakah gigi geraham saya dua2nya d cabut…ato yg ompong pakai gigi palsu? Trims

      Reply
  10. author

    melina3 years ago

    Pagi dok,gigi geraham saya bagian belakang kanan saya kadang-kadang nyeri dok terus berlubang dan gusi saya klo saya gosok gigi sering berdarah dok,dan klo makan sakit dok,apakah harus dicabut dok?

    Reply
  11. author

    Nadia2 years ago

    Dok saya mau menayakan gigibsaya yang gripis sma ada sundulan di samping gigi grips itu juga belakangnya gigi sundulan sma di gigi gripisnya ada sundulan bkecil dan ada gigi yang miring dibawah donk itu di bawah ada 2 kanan dan kiri sebaiknya di gimanaain, kalau di behel gimana apa harus di cabut semua

    Reply
  12. author

    desi rabiatul1 year ago

    Dok saya mau nanya saya sering mengalami bau mulut padahal saya sering sikat gigi,minum air putih,makan sayur dn buah tapi tetap saja tidak berhasil saya pernah coba mncari tahu dari mana sumber bau nya ternyata bersumber dari gigi geraham dan disekitarnya saya coba bersihin ternyata mau hilang bau mulut nya tapi beberapa menit kemudian balik lagi dok jdi penyebabnya apa dok,mksh

    Reply

Tulis komentar "Gigi geraham sering bengkak dan bau mulut"