Gigi geraham goyang dan sakit untuk mengunyah makanan keras

Advertisement
Dokter, bagaimana cara mengatasi gigi geraham atas kiri kanan yang goyang, dan sering sakit kalau makan makanan yang agak keras. Terima kasih. (Laki-laki, 44 thn, 160 cm, 62 kg)

Jawaban:

Bapak / Saudara yang terhormat,

Sebagian besar kegoyangan gigi pada orang dewasa disebabkan karena penyakit pada jaringan pendukung gusi yaitu peradangan pada jaringan periodontal (dalam bahasa kedokteran disebut periodontitis). Periodontitis disebabkan karena infeksi bakteri, dan biasanya diawali oleh akumulasi karang gigi yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Dalam keadaan lanjut, bila tidak dirawat periodontitis menyebabkan kerusakan gusi dan tulang, di mana perlekatan gusi ke tulang menjadi rusak dan ketebalan tulang menjadi berkurang. Akibatnya lama kelamaan gigi menjadi goyang karena jaringan pendukungnya rusak.

Bila kegoyangan gigi Anda memang diakibatkan periodontitis (apalagi kalau memang karang gigi Anda banyak), yang pertama harus dilakukan adalah pembersihan  karang gigi secara menyeluruh. Jika sudah terjadi poket yang dalam pada gusi Anda, maka harus dilakukan kuretase dan penghalusan akar. Terapi ini -jika dibarengi dengan penjagaan kebersihan gigi dan mulut- dan pemberian resep antibiotik oleh dokter gigi dapat memperbaiki keadaan tulang Anda sehingga kegoyangan gigi berkurang. Pada kegoyangan sudah parah, harus dibantu dengan pemasangan splint periodontal untuk menjaga posisi gigi dan tidak goyang saat digunakan untuk mengunyah. Biasanya pemasangan splint butuh waktu +/- 2 minggu. Semoga lekas sembuh.

Terima kasih

Drg.Martha Mozartha

Advertisement
  1. author

    miaqyute@eocketmail.com5 years ago

    malam dok
    Gigi graham bawah saya udah hampir 1 bulan aakit, saya sudah ke dokter gigi dan d beri obat asmet, amox, ama dexta, tp kok sakitnya tidak sembuh jg dok, dan gigi saya malah goyang dibuat, apa yang harus saya lakukan??

    Reply
  2. author

    ikomang tonjay4 years ago

    slmt mlm untuk drg martha,saya sudah lama mengalami gigi goyang,brp kali saya sudah periksakan ke dokter dan sayapun mendapatkan pengobatan dan di berikan obat serta antibiotik.untuk jangka waktu tertentu gigi sembuh sakitnya,akan tetapi gigi goyang saya tetep aja .dan kadang sakit gigi saya kambuh lagi.
    pertanyaan saya untuk drg martha, apakah gigi graham saya ini berpengaruh untuk mata dan saraf .?. krn jika gigi saya kumat kepala dan mata ikut sakit.sekian dan terima kasih.

    Reply
    • author

      andre rio wijaya1 year ago

      Saya juga mengalami hal yang sama persis dengan Sau. Komang, gigi geraham saya goyang dan apabila kumat sakitnya minta ampun dan disertai area mata dan kepala yang sakit, dok di gugi saya juga ada karangnya, mohon pencerahannya dok, terima kasih.

      Reply
      • author

        Suddin10 months ago

        Gigi grahang atas saya goyang dok terus sering sakit.efek nya di bagian kepala di atas kuping sering sakit sama bagian leher. Mon dijelaskan bagaimna cara menyembuhkan nya dok.?

        Reply
  3. author

    gina4 years ago

    Dokter mau nanya, gigi saya berlubang, setelah itu gigi saya sudah di tambal permanen, tetapi kesini2 gigi saya sakit kalo mengunyah, terus gigi saya goyang.. Apa kalo dicabut gak apa2

    Reply
  4. author

    yahdi_reksa@yahoo.com4 years ago

    Dokter, saya mau tanya, gigi graham atas saya agak goyang, dan awalnya ada penambalan, akibat ada lubang kecil, di sela antar gigi. goyahnya kalau ditekan menggunakan jari. sekarang ini kadang ngilu, dan kurang nyaman dipakai untuk makan
    saya masih bingung, apakah kondisi ini, tdk ada jalan lain selain pencabutan? apakah gigi goyang, bisa diperbaiki, tanpa pencabutan.karena kondisinya ngak parah. mohon infonya

    Reply
  5. author

    marcilia.christy@yahoo.co.id4 years ago

    Setelah gigi saya di splinting kurang lebih 1 minggu, kenapa masih tetap goyang waktu pengunyahan dan penelanan air liur ya ?

    Reply
  6. author

    lina4 years ago

    malam dok

    Reply
  7. author

    lina4 years ago

    malam dokter,
    beberapa bulan yang lalu,saya menambal gigi bagia depan saya.terus sekarang gigi tersebut bergoyang dan sakit saat di sentuh mau pun untuk ngunyah makanan,terutama makanan yang keras
    jadi saya harus bagaimana untuk mengatasi nya?

    terimakasih…

    Reply
    • author

      ledeng3 years ago

      Malam dokter, gigi sy yang depan bawah depan ada 4 goyang/otek dan sakit, pertanyaan saya selain di pasang splint periodontal apakah ada cara lain? kalo ada kemana yang bisa saya hubungi, terima kasih

      Reply
  8. author

    yovita3 years ago

    Sekamat pagi dok!, dok, gigi graham belakang sudah goyang sekali, dan sampai sakit,, setiap tidak nyeri, saya ke dokter gigi, selalu tidak bisa dicabut, krn tensi tinggi, lalu yang saya tanyakan bagaimana solusinya, soaslnya setiap habis tensi turun, saya ke dr gigi, selalu tdk bisa alasan tensi lagi, tolong saya solusinya, terima kssih atas bantuannya.

    Reply
  9. author

    dwie3 years ago

    Dokter gigi geraham bawah saya goyang dan berlubang sekarang sakit banget mengalami pembengkakan antibiotik dr dkter mengurangi smntara aja,tndakan apa ya dokter

    Reply
  10. author

    iwa3 years ago

    Tambalan gigi geraham saya beberapakali bocor dan di tambal ulang, apakah ada bahan tambalan yang baik buat gigi geraham agar tidak mudah bocor lg
    Trimakasih sebelumnya dokter…

    Reply
  11. author

    Steffen Rondonuwu3 years ago

    malam dok,
    akhir-akhir ini gigi saya terasa sakit dan ngilu sesaat saat saya ketuk pelan menggunakan jari tangan.
    saya mengunyah makanan pun saat harus pelan-pelan kalo tidak sakit.

    saya harus gimana ya dok ?
    terima kasih .

    Reply
    • author

      Pipin Nuraeni2 years ago

      Selamat siang dok, mohon tanya kahir akhir ini gigi saya sering sakit saat makan, gusi bengkak dan sepertinya ada 2 gigi geraham dan 2 gigi seri seri yg goyang sehingga terasa sakit apalagi klu saat makan.
      Pertanyaan saya bagai mana cara mengataasinya dok supaya gigi saya bertahan tidah dicabut, mohon penjelasannya. Terima kasih

      Reply
    • author

      ana1 year ago

      Doktor….gigi geraham saya sakit dan goyang.xda bole mengunyah makanan….perluka d cabut..

      Reply
  12. author

    muhammad alfharizzy3 years ago

    dok,ini gigi saya bermasalah.di tmpt gigi yg bekas ada tambalannya terasa sakit nyut nyuyan gtu dok?knp ya dok,mohon penjelasannya

    Reply
  13. author

    sari siagian2 years ago

    malam dok, gigi saya sudah berlubang dan sudah sampai ada daging tumbuh, saat ini gigi tersebut terasa sangat sakit sampai ke rahang saya , bagaimana y dok cara mengatasinya???

    Reply
  14. author

    viky2 years ago

    selamat malam dok, saya mau tanya, gigi premolar1 saya rahang atas bagian dalam sebelumnya sudah hilang separuh dan ketika tadi saya pakai makan giginya goyang dok, seumpama di kasih splinting apa masih memungkinkan kah dok ?

    Reply
  15. author

    Danielo2 years ago

    Dok kemaren gigi gerahan saya yg atas kiri goyang dan berlubang, terus dicabut atau ditembel dok( umur 14 tahun )

    Reply
  16. author

    Dewi2 years ago

    Malam dok,
    Bbrp hari ini gusi kanan atas dan bawah terasa nyeri, padahal tidak berlubang. Apakah pengaruh krn mkn makann keras seperti daging. Krn sblm ny sy prnh mengalaminya tp tidak separah ini. Sdh minum asam mefenamat tidak mempan, minum CATAFLAM hilang nyeri ny sementara. Mohon info obat yg Bagus apa dok

    Reply
  17. author

    zaelaniazmy2 years ago

    Dokter saya mau tanya gigi geraham atas kanan saya agak goyang bila ditekan dgn jari sakit apa lagi klu di paki utk mengunyah makan tdk bisa apa solusinya dok terima kasih

    Reply
    • author

      tutik2 years ago

      gigi geraham kanan atas uglik2 bahayakah jika di cabut

      Reply
  18. author

    Alvin1 year ago

    Dokter saya mau tanya, gigi saya habis di tambal tapi setelah 1 minggu gigi tambalan saya nggilu dan buat makan itu sakit dan gigi saya goyang, itu cara nya gimana ya dok?? Makasih

    Reply
  19. author

    Tirsha1 year ago

    dokter sya ingin tanya
    apakah gigi berlubang tdk bergoyang bisa di cabut ?

    Reply
  20. author

    TOMI1 year ago

    Permisi.
    Dgn TOMI, 18thn
    Izin bertanya, dokter – tiba” di gigi geraham kiri bagian atas saya sakit, sakitnya di atas gigi bagian dalam gusi.
    Dan saya cek ternyata goyang.
    Bagaiamana itu dok

    Reply
  21. author

    Yasni salsabila1 year ago

    Dok saya mau tanya ini gigi graham atas kanan saya goyang jadi sangat sakit apalagi saat mau mengunyah makanan tifak mengunyah makanan saja sudah sakit sampai tidak bisa tidur tolong dok kasih obatnya atau periksa kedokter dicabut atau gimana gitu dok

    Reply
  22. author

    gana11 months ago

    Assalamualaikum dokter
    Saya Gana perempuan berusia 27th
    Saat ini sya sedang mengalami sakit gigi yg luar biasa d graham depan, kata dokter gigi” sya berkries, apa kah setelah sembuh skt nya sya bisa melakukan cabut gigi dok tnp harus operasi kecil?? Trims mohon pencerahnnya

    Reply
  23. author

    megawati11 months ago

    Dokter saya mau tanya,gigi saya lagi ada yang goyang, sempat berdarah dan susah ngunyah makanan, Itu terasa nya udh mau lepas, tapi gigi nya belum copot juga, itu Kenapa ya? (tolong dijawab)

    Reply
  24. author

    yuditia11 months ago

    Dokter saya mau tanya,gigi saya lagi ada yang goyang, sempat berdarah dan susah ngunyah makanan, Itu terasa nya udh mau lepas, tapi gigi nya belum copot juga, itu Kenapa ya? (tolong dijawab)

    Reply
  25. author

    megawati11 months ago

    Dokter saya mau tanya, Anak saya gigi nya berlubang sudah lama (Saat 1tahun yang lalu) Tapi sampai sekarang numbuh nya masih kecil, itu kenapa ya?

    Reply
  26. author

    Syukri11 months ago

    Pagi dok ,sya ingin tnya bila gigi berlubang goyang dan di bawah gigi berlubang itu bengkak … apa yg harus sya lakukan dok???

    Reply
  27. author

    Sigita junia10 months ago

    Siang dok, saya Nia umur 14th. Gigi geraham saya bagian kiri atas berlubang dan lama2 goyang, apalagi kalau saat makan, kepala terasa sakit. Apakah kalau dicabut gapapa dok?
    Terima kasih.

    Reply

Tulis komentar "Gigi geraham goyang dan sakit untuk mengunyah makanan keras"