Gigi depan goyang, apakah faktor umur berpengaruh

Advertisement
Dokter, salah satu gigi depan saya sudah lama goyang dan akhir-akhir ini semakin parah. Apakah gigi saya ini bisa kembali ke semula atau justru malah harus dicabut? Apakah penyebab goyangnya gigi saya ini hanyalah faktor umur? Bagaimana caranya agar gigi yang lain tetap utuh? Dulu saya memakai pasta gigi biasa, tapi sekarang sejak gigi saya bertambah parah saya memakai pasta gigi tanpa detergen. Apakah hal itu berpengaruh? Terima kasih atas jawabannya. (Perempuan, 52 thn, 154 cm, 60 kg)

Jawaban:

Ibu / Saudari yang terhormat,

Faktor usia memang berpengaruh terhadap kondisi gigi, di mana gigi dan jaringan pendukungnya juga mendapat imbas dari proses penuaan. Untuk dapat memperkirakan apakah gigi Anda dapat kembali seperti semula, harus diketahui dulu penyebab goyangnya gigi tersebut.

Gigi yang goyang biasanya disebabkan karena tulang dan jaringan pendukung gigi tersebut rusak.Kerusakan ini utamanya disebabkan karena banyaknya karang gigi di sekitar gigi sehingga menjadi tempat perlekatan bakteri. Gigi masih bisa kembali seperti semula, tergantung derajat keparahan kegoyangan gigi dan kerusakan tulang. Tentunya harus dilakukan perawatan-perawatan yang meliputi pembersihan karang gigi, kuretase, dan penghalusan akar,supaya tulang bisa pulih kembali. Lalu jika perlu dibuatkan "splinting" yaitu gigi tersebut "diikat" ke gigi tetangganya yang kondisinya masih baik supaya meminimalkan kegoyangan gigi saat sedang mengunyah.

Kegoyangan gigi juga dapat disebabkan karena penyakit sistemik, misalnya diabetes (kencing manis). Penderita diabetes biasanya lebih rentan untuk mengalami kerusakan tulang dan karies. Kondisi akan lebih parah bila penyakit tidak terkontrol. Saya sarankan Anda segera konsultasi ke dokter gigi atau ke dokter gigi spesialis periodonti (drg. Sp.Perio) agar dapat ditangani segera. Jaga kebersihan gigi dan mulut untuk tindakan pencegahan. Pasta gigi tanpa deterjen dapat terus digunakan. Demikian saran saya.

Terima kasih.

(Drg.Martha Mozartha)

Advertisement

Tulis komentar "Gigi depan goyang, apakah faktor umur berpengaruh"