Cara mengantisipasi karies dan karang gigi

Advertisement
Dok, gigi saya mengalami karies. Bagaimana cara mengantisipasinya secara alami dok? Oya, gigi saya juga ada karang giginya dok. Mohon bantuannya. Terima kasih. (Wanita, 16 thn, 155 cm, 41 kg)

Jawaban:

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Karies dapat diantisipasi bila terdeteksi sedini mungkin, yaitu kalau karies baru berupa white spot atau lesi putih. Penjagaan oral hygiene yang baik dengan penyikatan gigi yang optimal dapat mencegah perluasan karies, dan proses terjadinya karies dapat dihentikan. Tapi kalau proses karies sudah lanjut, perkembangannya bergantung pada beberapa hal. Letak karies sangat berpengaruh, apakah terjadinya di permukaan halus seperti permukaan fasial gigi atau terjadi di permukaan bidang kunyah gigi yang memiliki alur-alur dan tidak rata. Karies yang terjadi di permukaan yang sulit dibersihkan otomatis akan lebih cepat berkembang dan meluas, meski rajin menyikat gigi. Apalagi kalau sudah timbul keluhan seperti timbul rasa ngilu saat berkontak dengan makanan/minuman dingin/manis. Berarti karies sudah lebih dalam dari email. Jika sudah timbul keluhan, gigi tersebut harus segera ditambal.

Karang gigi juga tidak dapat dibiarkan, karena dapat menyebabkan gingivitis (radang gusi), dan merusak tulang yang menyangga gigi. Lama-lama jaringan penyangga gigi semakin rusak dan bisa menyebabkan gigi menjadi goyang, terutama pada periodontitis yang agresif. Deposit karang gigi yang banyak juga dapat menyebabkan bau mulut, loh. Demikian penjelasan saya, bila masih ada yang kurang jelas silakan ditanya kembali.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement

Tulis komentar "Cara mengantisipasi karies dan karang gigi"