Bisakah gigi anak saya ditambal

Advertisement
Dear Dokter, Anak saya umur 4.5 th dan sekarang gigi geraham bagian paling belakangnya ada yang berlubang. Pada geraham kanan bawah sudah saya tambal dan pada geraham kiri, gigi tidak bisa di tambal karena mahkotanya sudah hilang dan gusinya membengkak. Sedangkan pada geraham atas kiri belum di tambal oleh dokternya. Kata dokter yang menangani anak saya gigi yang sakit harus di matikan akarnya agar sakitnya tidak kambuh. Apakah akan ada efek samping dari itu? Apakah setelah itu gusi tidak akan bengkak lagi? Mohon penjelasan. Selain itu apakah gigi bagian atasnya bisa di tambal? Terima kasih. (Perempuan, 4 thn, 95 cm, 14 kg)

Jawaban:

Ibu yang terhormat,

Jika karies sudah mencapai rongga pulpa yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah, apalagi kalau mahkotanya sudah rusak total dan gusi sudah bengkak, maka sudah tidak bisa ditambal seperti biasa.

Jadi saya sependapat bahwa gigi tersebut harus dirawat saluran akar terlebih dulu, di mana saluran akar dibersihkan dari jaringan mati dan bakteri-bakteri. Jika tidak dilakukan malah justru akan merugikan karena infeksi terus berlangsung dan bukan tidak mungkin malah mempengaruhi benih gigi tetap di bawahnya yang sedang tumbuh dan

Oleh karena itu perawatan saluran akar membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, karena infeksi di gigi dan saluran akar harus disembuhkan dulu, baru nanti dilakukan restorasi yaitu memperbaiki mahkota gigi agar dapat berfungsi kembali.

Bila perawatan berhasil, gusi yang bengkak akan sembuh seperti semula. Saya kira gigi atas tetap bisa ditambal, selama karies gigi tersebut masih belum mencapai rongga pulpa.

Saya sangat mendukung tindakan Ibu yang memeriksakan dan merawat gigi anak Ibu yang masih berusia 4 tahun. Gigi memang harus dirawat sedini mungkin, dan dengan membiasakan anak ke dokter gigi walaupun hanya sekedar untuk periksa maka diharapkan anak tidak akan takut ke dokter gigi bila nanti sudah besar.

Demikian penjelasan saya, terima kasih telah memanfaatkan layanan konsultasi klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

Advertisement
  1. author

    ridho5 years ago

    mlm dokter…
    aq ridho 23 thn…
    aq da mslh sm gigi…pakh karat gigi bs dihilangkn?n bskh gigi mnjd putih bersih…

    Reply
  2. author

    cici amelia melika5 years ago

    .dok ,, kelemahan dalam penambalan gigi apa saja ?

    Reply
  3. author

    nina5 years ago

    Dear dokter. Anak saya berusia 4,5 th dan gigi geraham atas berlubang dan sring sakit. Setelah saya periksakan ke dokter gigi puskesmas disarankan untuk ke rumah dakit atau ke dokter praktek. Akhirnya saya bawa ke rumahs sakit, disana dilakukan penambalan sementara. Ternyata setelah ditambal malah tambah sakit, akhirnya saya bawa ke dokter praktek untuk di bersihkan kembali dan dilakukan penambalan sementara. Yang ingin saya tanyakan dokter, apakah memang penambalan sementara dilakukan berulang ulang karena anak saya sudah 3 kali di bongkar pasang tambalan sementara giginya… Masalahnya anak saya menjadi trauma dan ketakutan saat di bawa ke dokter gigi lagi. Mohon penjelasannya dokter…. trimakasih

    Reply
  4. author

    Joy Dental5 years ago

    Artikel yang menarik dan informatif.

    Reply
  5. author

    Vina4 years ago

    Dok, saya gadis berusia 15 tahun. Pada gigi geraham saya bagian kiri bawah, ada yang berlubang. Itu sakit sekali kalau untuk makan. Lalu, kemaren saya ke dokter untuk menambalnya. Apakah nanti setelah ditambal, gigi saya bisa normal kembali dan jika untuk makan tidak sakit lagi? Terimakasih.

    Reply
  6. author

    Latifa4 years ago

    Dear dokter..
    Dok saya punya masalah di bagian gigi graham yang sudah patah” tapi sulit untuk dicabut ,, sampai” gusi itu membengkak ke arah gigi yang patah dan membesar sehingga terasa sakit jika pipi saya tersentuh

    Reply
  7. author

    muryati4 years ago

    Mlem dok…bgni dok ak punya masalah gigi..gigi sya tu udah bisa diblng 90% rusak padahal usia baru 30 thn..adakah solusiny dok

    Reply
  8. author

    Ena3 years ago

    Salam doktor.. Umur saya 14th
    Gigi saya tidak dapat tumbuh sehingga sekarang
    Gigi saya jarang.. Apa Masalahnya??

    Reply
  9. author

    Lisa3 years ago

    Pagi Dok, Saya Lisa Andriani, Saya ingin menyusun skripsi tentang Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut berbasis Android, Boleh saya tanya penyakit Gigi dan Mulut itu apa saja dan penyebabnya apa lalu bagaimana solusinya?

    terima kasih dok

    Reply
  10. author

    beti nurbaeti3 years ago

    malam dok,mau konsult..anak sy umur 4 thn,gigi susu blm ada ada yg tanggal hanya keropos hampir habis bagian depan atas,di ayad gigi,gusi atas tumbuh gigi,sehingga bibir bengkang dan (agak monyong) ,solusinya gimana ya dok?apa harus di cabut? tolong jawabanya,terimakasih dok.

    Reply
  11. author

    Intan sari3 years ago

    Dok mau tanya . Saya intan saya ingin memakai kawat gigi tapi bukan behel untuk rapihin gigi nah saya mau tanya sblmnya apkah kawat gigi ujungnya d masukin ke gusi ?

    Reply
  12. author

    waridatur rokhmah2 years ago

    malam dok…anak saya usia 4,5th td siang baru ditambal gigi gerahamnya karena berlubang. apakah diusia yg msh balita,tambal gigi baik untuk perkembangannya? soalnya td setahu saya cm dibersihkan…trnyata sdh ditambal. mohon penjelasannya. trima ksih

    Reply
  13. author

    Miko1 year ago

    Dok gigi saya patah apakah bisa tumbuh kembali

    Reply
  14. author

    Uki1 year ago

    Slmt mlm dok… Anak saya berusia 2 tahun giginya patah nyerong, saat saya pegang dan pada saat makan dia bilang tdk sakit. Pertanyaan saya apa saya harus ke dokter untuk menambal gigi anak saya atau saya biarkan saja sampai gigi susunya tanggal… Mohon bantuannya Dok…

    Reply

Tulis komentar "Bisakah gigi anak saya ditambal"