Bagaimana merawat gigi setelah perawatan endo

Advertisement
Dok, geraham saya ada yang sudah rusak dan dirawat akarnya (endo) oleh koas FKG. Namun perawatan terhenti dan karena kesibukan saya, tambalan sementara pada geraham saya lepas. Jadi saat ini gigi saya berlubang jauh sampai dasarnya (akar). Akar saya ada 3, yang satu sudah steril dan ditutup, yang 2 lg belum. Setelah tanya teman saya katanya perawatan endo didokter spesialis sangat mahal ya? Mencapai 800ribuan? Bagaimana ini Dok? Tolong beri saran ke dokter mana saya harus pergi dengan biaya yang murah. Terima kasih. (Wanita, 21 thn, 160 cm, 47 kg)

Jawaban:

Ibu/Saudari yang terhormat,

Gigi yang sudah selesai dirawat endo sangat rapuh karena jaringan gigi sudah sangat banyak yang hilang dan atap pulpa sudah diangkat untuk akses ke saluran akar. Jadi sebetulnya restorasi paska perawatan adalah faktor yg sangat penting sebagai penentu keberhasilan perawatan. Banyak kejadian seperti Anda, pembuatan restorasi paska endo yang ditunda terlalu lama dapat menyebabkan dinding mahkota gigi menjadi patah, bahkan hingga ke percabangan akar sehingga perawatan endo menjadi sia-sia karena kalau sudah begitu gigi terpaksa dicabut.

Perawatan endo di spesialis konservasi gigi (SpKG) memang cukup mahal karena biasanya menggunakan peralatan yang lebih bagus. Namun tidak semua dokter gigi SpKG menetapkan tarif semahal itu.

Di rumah sakit umum biasanya juga menyediakan perawatan endo, mungkin dengan tarif yang lebih terjangkau. Alternatif lain ada di Paviliun Khusus RS Gigi dan Mulut FKG UI, dokter gigi yang merawat adalah staf pengajar FKG UI dengan spesialisasi masing-masing dengan biaya yang lebih terjangkau. Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

Advertisement

Tulis komentar "Bagaimana merawat gigi setelah perawatan endo"